Jumat, 02 Januari 2015

analisis csr PT.Telkom

NAMA : Muhammad Hasril (14210714)
KELAS : 4EA03
DOSEN : Titi Ayem Lestari
SOFTSKILL Etika Bisnis
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014/2015

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

 Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Corporate Social Responsibility adalah komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi jangka panjang terhadap satu issue tertentu di masyarakat atau lingkungan untuk dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. Kontribusi dari perusahaan ini bisa berupa banyak hal, misalnya : bantuan dana, bantuan tenaga ahli dari perusahaan, bantuan berupa barang, dll. Di sini perlu dibedakan antara program Corporate Social Responsibility dengan kegiatan charity. Kegiatan charity hanya berlangsung sekali atau sementara waktu dan biasanya justru menimbulkan ketergantungan publik terhadap perusahaan. Sementara, program Corporate Social Responsibility merupakan program yang berkelanjutan dan bertujuan untuk menciptakan kemandirian publik (“Paradigma Baru CSR”, Oktober 2006).
Lima Pilar Aktivitas Coprorate Social Responsibility
Dalam penelitian kali ini konsep Corporate Social Responsibility akan diukur dengan menggunakan lima pilar aktivitas Corporate Social Responsibility dari Prince of Wales International Bussiness Forum, yaitu (Wibisono, 2007,p.119) :
Building Human Capital
Secara internal, perusahaan dituntut untuk menciptakan SDM yang andal. Secara eksternal, perusahaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya melalui community development.
Strengthening Economies
Perusahaan dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komunitas di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.
Assessing Social Chesion
Perusahaan dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitarnya agar tidak menimbulkan konflik.
Encouraging Good Governence
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnis dengan baik.
Protecting The Environment
Perusahaan berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.

CSR yang dilakukan oleh PT.Telkom
Dirut Telkom Arief Yahya dan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono melakukan Aksi Penyelamatan Penyu ditandai dengan melepas tukik (anak penyu) di pantai Boom Banyuwangi pada Kamis (31/7). Kegiatan yang disaksikan pengunjung pantai ini merupakan program peduli sosial atau CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan Telkom sebagai pelestarian lingkungan.
“Populasi penyu yang makin sedikit, bahkan cenderung punah, karena dari jumlah yang hidup,hanya sebagian kecil yang bisa bertahan sampai dewasa. Hal inilah yang mengundang keprihatinan kami selaku perusahaan yang masih merah putih,” tandas Arief.

Arief Yahya mengatakan hal ini menjadi satu bentuk kepedulian Telkom pada pelestarian lingkungan hidup, khususnya untuk penyelamatan dan pelestarian penyu yang ada di pantai Boom ini. Pantai Boom sendiri merupakan salah satu tempat pendaratan penyu di Banyuwangi, selain di Pantai Sukamade. Sayangnya populasinya makin hari makin sedikit dan cenderung punah.

”Alasan inilah utamanya yang mendasari Telkom untuk membangun Taman Digital Telkom (Taman Telkom) di kawasan Pantai Boom Banyuwangi. Selain, tentu saja, Pantai Boom merupakan salah satu tempat favorit destinasi wisata keluarga di Banyuwangi, selain Watu Dodol,” tukasnya.

Sehingga, kata Arief, kawasan wisata keluarga ini menjadi tempat yang paling ideal untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Program Kampanye Lingkungan, idealnya membutuhkan akses informasi yang cukup untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya sikap peduli terhadap lingkungan, termasuk bagaimana menjaga populasi penyu yang saat ini kian punah. Itu sebabnya, Amphitheatre yang dibangun Telkom untuk Taman Digital Telkom (Taman Telkom) ini nanti akan dilengkapi dengan tak kurang dari 10 titik akses internet WiFi.

Dengan akses internet WiFi yang tersebar di kawasan ini nantinya, akan makin mempercepat penyebaran informasi program kampanye penyelamatan penyu. “Masyarakat, bahkan wisatawan yang sedang menikmati wisata di kawasan ini bisa dengan mudah melakukan sharing informasi di internet melalui akun-akun social media mereka,” tegas Arief.


Analisis

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. adalah perusahaan informasi dan komunikasi (infokom) terbesar di Indonesia. Program CSR yang dilakukan PT.Telkom adalah bentuk Protecting The Environment yaitu perusahaan berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.
Ini menjadi satu bentuk kepedulian Telkom pada pelestarian lingkungan hidup, khususnya untuk penyelamatan dan pelestarian penyu yang ada di pantai Boom ini.
Manfaat Positif yang di lakukan PT.Telkom selain menyelamatkan lingkungan hidup serta kelangsungan hidup penyu PT.Telkom juga dapat meningkatkan citra perusahaan sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan serta memberikan akses informasi yang cukup untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya sikap peduli terhadap lingkungan, dengan akses internet WiFi yang dibangun di tempat ini, maka akan makin mempercepat penyebaran informasi program kampanye penyelamatan penyu.

sumber:

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa | Mashantucket, CT
    With 전라남도 출장안마 a 군산 출장샵 stay at Borgata Hotel Casino & 의정부 출장안마 Spa, you'll be centrally located in Atlantic City, steps from Golden Nugget Atlantic City 순천 출장마사지 Casino 제주도 출장안마 and steps from

    BalasHapus